Jumat, 11 Desember 2009

Premium di Timika Rp 15.000 Per Liter

TIMIKA, KOMPAS.com — Harga premium eceran di Timika, Papua, saat ini mencapai kisaran Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per botol air mineral (isi 1,5 liter).

Menurut sejumlah pedagang premium eceran di Timika, Jumat (11/12/2009), kelangkaan premium telah berlangsung selama tiga pekan akibat minimnya pasokan dari Pertamina. "Sudah tiga minggu premium kosong sehingga harga eceran dijual sampai Rp 15.000 per liter," kata Syamsudin, salah satu pengecer premium di Jalan Cenderawasih Timika Jaya.

Sementara itu, dua stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) di Timika selama beberapa hari terakhir dipadati kendaraan roda dua dan empat serta masyarakat umum yang hendak membeli premium. Di SPBU Nawaripi Timika, Jumat, sekitar 1.000 kendaraan roda dua dan empat terjebak antrean panjang menunggu pengisian premium.

Situasi di SPBU tersebut tampak kacau-balau lantaran banyak warga datang membawa jeriken-jeriken besar ke SPBU. Warga beralasan premium yang mereka beli untuk kebutuhan bahan bakar perahu motor untuk transportasi ke wilayah pesisir.

Rifai, staf operasional PT Mimika Timur Jaya, mengatakan, selama tiga hari terakhir premium yang disalurkan oleh Pertamina ke SPBU Nawaripi sebanyak 21 kiloliter (KL) dan SPBU Timika Jaya-SP2 sebanyak 24 KL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar